iienote

Minggu, 24 Agustus 2008

Big Fish

Terinspirasi dari film "Big Fish"

Tangkaplah ikan yang besar dari kolammu....
Seorang ayah yang sering bercerita pada anaknya dalam bahasa2 kiasan, mencoba membangun kebesaran jiwa sang anak, betapa hati dapat dibekali dengan sebuah cerita. "Dalam sebuah kolam terdapat satu ikan yang besar", tidak semua orang dapat menangkap ikan tersebut betapapun banyaknya umpan yang diberikan. Berbagai macam bentuk dan warna umpan yang dilemparkan tak 'kan mampu menjeratnya walau dengan kail yang termahal sekalipun.
Bagi seorang pemancing yang merasa tertantang untuk menjerat ikan tersebut akan berusaha membaca setiap gerakan ikan,mempehatikan setiap lambaian siripnya dan menebak setiap liukan tubuh ikan tadi. Sudut setiap kolampun akan diukur mulai dari lebar, kedalaman sampai suhu air tempat ikan hidup..ia akan belajar seolah ia adalah ikan yang menjadi sasarannya tadi.
Hawa keberadaannya akan ia lenyapkan, nafsu untuk menangkap bahkan membunuh ikan tadi akan ia matikan, tanpa disadarinya ia telah menjadi individu yang baru.....yang mampu manahan emosi dalam dirinya.
Sampai pada suatu waktu bila ikan besar itu tertangkap pastilah bukan karena umpan yang diberikan tapi ikan tadi tertarik dengan pesona si pemancing..... Dihilangkannya setiap kesombongan, keangkuhan dan ambisi terdalamnya untuk satu tujuan "the big fish".
Sedangkan sipemancing akan terpesona dengan ikan yang datang ...ternyata lebih besar dari yang ia bayangkan. Hilang segala keinginan untuk menangkap, menyantap, menjadikannya sebuah hidangan yang ada hanya kasih yang ia curahkan untuk merawat, menjaga dan menjadikannya kisah perjalanan hidup si pemancing.
Apa yang tergambar dari tulisan diatas hanyalah sebuah makna yang dapat tersirat oleh setiap individu dengan sudut pandang yang berbeda, semua diserahkan pada pembacanya.

Label:

posted by iienote at 04.04

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home